Jumat, 01 Mei 2015

Tinjauan Desain Poster: My Neighbor Totoro (ver. Olly Moss)



Poster Film     : MY NEIGHBOR TOTORO
(kiri ver. Jepang & kanan ver. International)
Artist               : Olly Moss
Ukuran            : 20” x 36”

A. Deskripsi

            Desain poster film Totoro oleh Olly Moss memiliki dua elemen didalamnya, yaitu tipografi dan visual. Tipografi pada versi dalam negri (jepang) menggunakan huruf Hiragana pada kata”tonari mo” di atas judul, judul menggunakan huruf Katakana, dan nama-nama kru menggunakan huruf Kanji. Dalam versi Internasional judul dan nama sutradara memakai huruf serif, sedakan keterangan kru produksi di bawahnya menggunakan huruf san-serif vertical. Visual terbagi dalam tiga blok yaitu, warna, zona gelap, dan putih. Dalam zona gelap diletakan judul berwarna putih dan bodytext berwarna sesuai bagian warna dalam elemen visual poster tersebut.

B. Analisa Formal

            Desain dalam poster film Totoro ini menggunakan komposisi simetris dengan tipografi  dan fokus visual tepat di tengah. Warna yang digunakan adalah warna sekunder dengan saturasi rendah beserta warna gelap (dari warna tema) dan putih.

            Susunan gelap terang dan saturasi warna sangat jelas bertahap dari atas ke bawah (dari terang ke gelap). Poster ini memiliki kecenderungan dari gaya modern, dimana visual terdiri dari blok-blok yang tegas. Komposisi tipografi (dari atas ke bawah) berawal dari artistik ke statis vertikal.

C. Interpretasi

        Seperti semua poster film yang efektif, poster ini membawa kesan teaser, yang berhubungan langsung dengan alur cerita, makna, maupun gaya visual. Film Totoro sendiri mengisahkan tentang, ketika dua gadis pindah ke negara itu untuk berada di dekat ibunya yang sakit mereka, mereka memiliki petualangan dengan roh hutan wonderous yang tinggal di dekatnya. Secara semiotik film ini menceritakan bagaimana alam pada esensinya dapat berubungan baik dengan sisi (terbaik) polos manusia.
       Konsep dari film tersebut yang menonjolkan hubungan yang harmonis dan mutual antara manusia dan lingkungan sekitarnya diwujudkan dalam keseluruhan komposisi yang simetris dan tertata rapi dari atas kebawah. Muka makluk Totoro yang tewujud di zona gelap menyatu dengan pohon, dan diatasnya karakter protagonis berpijak merepresentasikan bawah Totoro dan alam adalah satu, atau merupakan perwujudan dari alam itu sendiri. Jumlah phon yang seimbang dalam kompisisi menghimpit karakter menegaskan tentang gagasan manusia dan lingkungan disekitarnya.

     Olly Moss berusaha memasukan lokal konten Jepang dalam komposisinya secara halus. Penggambaran prespektif khas lukisan jepang yang unik (dimana semakin jauh obyek maka semakin atas letaknya dalam komposisi) dimasukan ke dalam komposisi poster ini. Susunan hirarki jarak disusun dengan rapi sehingga perlu pengamatan kedua dan ketiga untuk tahu bahwa desain tersebut menggunakan prespektif orthogonal.

           Warna yang digunakan adalah warna sekunder, hal ini dilakukan untuk menimbulkan perasaan tenang , damai, dan semua bergerak pada fase yang pelan, sama seperti film tersebut sendiri dengan premis yang sederhana film ini dikemas dalam fase yang pelan dengan tepat. 2 versi warna dalam poster ini memiliki makna geografis. Vesrsi lokal (Jepang) memiliki warna utama forestgreen menunjukan suasan pagi dihutan, dimana Jepang, atau Nippon (Nihon) secara harafiah berarti negri matahari terbit. Sedangkan versi Internasional (berfokus pada negara-negara barat) menggunakan warna pale violet red menggambarkan saat matahari yang terbenam di barat.

            Komposisi tipografi dengan apik memisahkan bagian yang artistik dengan huruf serif  dan institutif dengan huruf san-serif. Sedangkan komposisi huruf Jepang sendiri terpaku pada tata cara penggunaan huruf Jepang. Tidak adanya tag-line mengenai film tersebut menunjukan kepercayaan diri desainer terhadap desainnya maupun kepercayaan masyarakat terhadap studio Ghibli itu sendiri.

D. Evaluasi

            Dibandingkan dengan poster film Studio Ghibli yang lain, poster ini merupakan salah satu yang palin sederhana seccara visual. Dalam jajaran poster film Studio Ghibli poster ini muncul sebagai jenis visual yang baru dari film-film terdahulunya. Namun di jajaran karya Olly Moss karya ini bukan merupakan sesuatu yang baru. Olly Moss mengaplikasikan konsep visual dasar yang sama pada setiap poster film yang yang dibuatnya, baik warna maupun komposisi secara menyeluruh, yang sekarang sudah terima publik sebagai gaya Olly Moss.



Karya poster film Olly Moss

            Poster Film My Neighbor Totoro oleh Olly Moss Ini bukanlah versi original pertama kali film tersebut muncul dipasaran. Poster ini adalah poster yang dikeluarkan oleh Mondo. Mondo adalah butik seni Alamo Drafthouse, yang menampilkan desain dari seniman terkenal di dunia berdasarkan lisensi untuk TV populer dan properti film termasuk Star Wars, Star Trek & Universal Monsters. Dijagokan untuk layar dicetak poster edisi terbatas mereka, Mondo berfokus pada membawa seni kembali ke poster film dengan bekerja dengan artis seperti Olly Moss, Tyler Stout, Martin Ansin dan lain-lain. Selain menciptakan karya yang menakjubkan untuk klasik tercinta dan film kontemporer , Mondo memproduksi poster untuk fitur acara Alamo Drafthouse dan meresmikan "Director Series " yang akan fokus pada hasil karya seorang pembuat film terkenal.

            Dikreasikannya ulang poster ini oleh Mondo untuk acara The 15-film retrospective yang dibawakan oleh GKIDS, dipengaruhi juga oleh Prestasi Hayao Miyazaki yang yang mendapat Academy Award untuk film animasi terbaik dengan filmnya Sprited Away, dan pada tahun 2005 beliau juga masuk ke dalam daftar “the most influential people” oleh TIME Magazine.



Poster Original film TOTORO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar