Senin, 29 Desember 2014

Anime Arts: Sakuga (Part 3: Hiroyuki Imaishi)

      Animator Sakuga kali ini adalah Hiroyuki Imaishi. Imaishi adalah salah satu animator yang paling terinfluens gaya animasi Kanada. Tentu saja gaya animasi Imaishi berbeda dengan Kanada, beberapa mengatakan bahwa gaya anime Imaishi adalah evolusi dari gaya Kanada.

    Imaishi bermain dengan penemuan gaya pendahulunya sementara membengkokkan batasan seekstrim mungkin. Kita dapat menyebut jenis ini sebagai hyper stylization. Breakdown-nya adalah seperti ini: Masing-masing Imaishi dan Kanada menarik blok shading interior mereka dengan cara yang sama, Sebagai pengganti apa yang biasanya digambarkan dengan satu warna atau dua warna. Jadi,




      Kanada-style jelas jauh lebih ornamental daripada Imaishi-style, tetapi yang penting adalah, bahwa kedua animator berbagi  ideologi yang sama tentang bagaimana untuk menggambarkan karakter fokus dalam adegan, dan bagaimana karakter-karakter akan menavigasi ruang animasi yang mereka hadapi, atau set. Sarana untuk gerak fokus karakter  dan bagian penting key-frame adalah sebagai berikut:

     "Mayoritas key-frame di jalur pergerakan dibagikan kepada pose mayor yang diambil untuk karakter. Jadi, karakter akan menonjolkan pose tersebut saat bergerak. Kita bisa menyebutnya sebagai Extreme-pose based Key-frame. Dalam hal ini Imaishi jauh lebih maju dari Kanada, Imaishi sering memunculkan Extreme-pose dalam angle yang ekstrim pula. Karakter animasi akan seolah-olah bergerak dari pose satu ke bose yang lain yang sebenarnya adalah pilihan estetik dari animator.

        Mari kita menyorot beberapa perbedaan antara keduanya. Berfokus pada stylized movement dari karakter maupun robot, Kanada secara dramatis menggambarkan hubungan dinamis antara perspektif subjek dan kamera dengan membungkus subjek dalam perspektif. Ketika menggambarkan varietas yang sama hubungan perspektif subjek-kamera, Imaishi akan membungkus karakter lebih banyak lebih lanjut-hampir melewati titik penyimpangan di sini, sehingga Anda melihat adegan benar-benar dinamis ,di bawah ini adalah contoh blok shading yang digunakan Imaishi.

        

      Dapat kita lihat bagaimana interior bagian dari karakter yang berwarna hitam. Itu merupakan pokok dari Imaishi-style. Mari kita lihat beberapa adegan & klip Imaishi  di sini. Saya ingin mengiingatkan bahwa kita tidak mencari "ilusi kehidupan" dalam gerakan, tapi kami sedang mencari pemanfaatan yang berbeda dari animasi terbatas Jepang  untuk menciptakan estetika yang benar-benar baru dan jelas. Imaishi benar-benar menggunakan dengan baik ini.


Aim for the top! 2 Diebuster

Kita masih dapat merasakan dan melihat efek-efek organik di dalamnya.


Cutie Honey by Hiroyuki Imaishi

Pada video di atas menunjukan dengan jelas bagiamana Imaishi mengatasi limited-animation Jepang dan masih menjaga keestetisan gerak dan adegan. Imaishi jelas tidak memfokuskan kepada apa yang dilakukan karakte di antara pose, kuncinya adalah bagaimana membuat setiap pose menjadi sangat keren, dan memfokuskan kamera ke karakter.


Musashiden II by Hiroyuki Imaishi




Sumber video: 


1 komentar:

  1. Hallo,

    Setelah saya baca artikel pembahasan anda tentang Sakuga ini dan jika saya hubungkan dengan referensi youtube yg anda tautkan. Saya rasa anda agak melenceng atau istilah kerennya 'missing the point' dalam menterjemahkan atau menjelaskan maksud yang sebenarnya dari istilah Sakuga tersebut. Kebetulan saya juga pernah sedikit menyinggung fenomena 'Sakuga' ini dalam blog saya dan dalam acara pelatihan animasi pada tahun 2012 yang lalu.

    Sekedar masukan dan pendapat saja dari saya :)

    Btw. saya tertarik pada post ini setelah membaca artikel terbaru anda tentang treatment unik Mamoru Hosada dalam film2nya.

    Terima kasih.

    BalasHapus