Minggu, 14 Desember 2014

Masih Pentingkah? Menggambar dalam film Animasi



Animator dari In-between
    
      Kali ini saya akan membahas tentang makalah dari, Sahra Kuns, yang berjudul " The Role of Drawing in Animated Films". isi dari makalah tersebut kurang lebih membahas bagaimana memposisikan peran menggambar di dalam produksi animasi sekarang ini yang serba digital. Dalam makalahnya, Sahra Kuns juga menjelaskan berbagai jenis menggambar secara fungsi dan hubungannya dengan animasi.
      Secara historis, peran gambar dalam animasi tradisional adalah tegas. Bagaimana peran ini telah dipengaruhi atau diubah oleh munculnya animasi komputer, dan semakin maraknya penggunaan alat-alat digital dalam animasi? Dapatkah kontemporer animator bekerja secara eksklusif dengan alat digital ini dan mengorbankan penggunaan gambar, atau alat ini merupakan perpanjangan dari peralatan menggambar tradisional?
       Kita akan mengklaim mengambar masih (jika tidak lebih) menjadi bagian penting dalam proses pembuatan animasi, dan jika ditinggalkan karena teknologi kontemporer memungkinkan untuk pintas dalam proses ini, akan membuat  hasil akhir film animasi itu buruk itu. Pertanyaan apakah gambar masih relevan dalam animasi kontemporer harus dijawab dengan "ya". Dalam proses pengembangan animasi relevansi gambar adalah jelas. Gamabar adalah alat penting untuk mendefinisikan dan mengkomunikasikan ide-ide, dan dapat tergantikan dalam penciptaan storyboard dan karakter. 
       Di Eropa, Hand-Drawing Animation masih terus berkembang. Sylvain Chomet menggunakan gaya gambar karikatur dan berlebihan untuk menggambarkan karakter dalam film-film seperti The Triplets of Belleville (2003) atau The Illusionist (2010). Dalam film dokumenter BBC The secret of Drawing, ia menyatakan tentang tahapan proses menggambar bahwa, "Hal pertama yang pada dasarnya jangan menggambar terlalu berat (tebal, detail) di awal gambar yang ringan adalah penting, dan kemudian mampu membayangkannya, dan setelah itu membuat dari imajinasi dan bukan dari referensi. Gambar berikutnya adalah sedikit lebih halus daripada yang sebelumnya. Anda benar-benar meletakkan detail. Dan semakin banyak pengalaman yang Anda miliki dalam animasi semakin sedikit Anda menggunakan komputer. Nah, Anda menggunakannya di akhir, ketika Anda ingin melihat rincian akhir."

Sylvain Chomet

        Dalam animasi komputer, lebih rumit untuk menentukan peran gambar. Menggambar dapat dan harus menjadi alat dalam pengembangan animasi, tetapi tidak dekat dengan final
produk seperti  di animasi tradisional. Hal itu tidak membuatnya kurang relevan untuk proses pengembangan. Menggambar dapat digunakan dalam pembuatan storyboard, desain karakter dan Concept-Art. Tanpa menggunakan gambar proses ini sangat beresiko kurang maksimal karena selain semua kemungkinan kegunaan lain dari menggambar, jika digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai bagian dari proses desain akan memfasilitasi perluasan ide. Menggambar juga menyediakan pemahaman tentang objek tiga dimensi maya - yang dapat memenuhi baik secara diagram (perencanaan ruang) atau dan representasional (menciptakan karakter dan pengaturan) fungsi.




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar