Rabu, 17 Desember 2014

Anime Arts: Sakuga (Part 1: Perkenalan)

    
Little Witch Academia KA dari Shūhei Handa

    Sakuga (作画) (lit., "menggambar") adalah istilah yang digunakan di anime untuk menggambarkan saat-saat dalam acara atau film (anime) ketika kualitas animasi meningkat secara drastis, biasanya demi membuat titik dramatis atau menghidupkan adegan action.
Animētā (アニメーター) = Animator
Ekonte (絵コンテ) = Storyboards
Genga (原画) = Key drawing
Dōga (動画) = In-between

     Kebanyakan anime diproduksi pada pembatasan anggaran yang ketat dan dengan waktu terbatas. Akibatnya, selama beberapa dekade, studio anime telah mengembangkan kosakata artistik untuk mempercepat proses produksi. Trik yang paling umum adalah untuk memotong, melewati, atau mengurangi frame - untuk menganimate hanya frame lainnya, atau setiap frame ketiga, sehingga beberapa gerak dapat ditunjukkan dengan mengorbankan fluiditas.

Animated  genga Space_Dandy oleh Bahi JD

    Terdapat cara lain yang mungkin dilakukan untuk menghemat budget. Sebuah adegan dari dua orang berbicara sering dianimasikan oleh, tidak lebih daripada mulut karakter bergerak, atau dengan berganti Shot dengan panning background shot. Contoh paling menjijikkan adalah trik corner-cutting, ketika animasi hanya menjadi datar atau bahkan still-frame.

     Sisi lain dari spektrum ini, adalah ketika animasi menjadi sangat ekspresif dan fluid - ketika setiap frame dianimasikan, dan gerakan itu sendiri diamati dengan seksama dan realistis (atau spektakuler untuk dilihat). Anime yang Action-oriented cenderung memiliki banyak  Sakuga, tetapi ada banyak contoh anime drama juga banyak menggunakan Sakuga, misalnya, untuk menyoroti momen yang sangat emosional. Opening dan Ending anime series biasanya berupa fitur sakuga

Animated genga layout running Xam'd_Lost_Memories oleh Yasuo Muroi
Animated  genga Space_Dandy oleh Ben Li
     
    Video dibawah ini merupakan bagian pertama dari "Sakuga: The Animation of Anime", dipresentasikan di Anime Central (Chicago) 2013. Presentator Colin Groesbeck menunjukkan cara baru untuk mengapresiasi anime yang anda tonton.



Sumber: http://anime.about.com/od/animeglossary/g/Sakuga.htm
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar